Dalam beberapa tahun terakhir, Dell XPS menjadi andalan Dell dalam bersaing di segmen ultrabook. Hadir dengan desain super tipis, perangkat ini menawarkan performa tinggi dan daya tahan baterai yang lama. Bahkan, laptop ini menjadi salah satu yang tertipis dunia.

Di tahun 2017, Dell pun memperbarui produk XPS 13. Selain memberikan sentuhan spesifikasi yang lebih canggih, laptop ini juga memiliki penampilan lebih cantik. Tidak kalah pentingnya, perangkat ini didesain oleh Dell sehingga memiliki ukuran yang lebih tipis dibandingkan versi 2016.

Penasaran dengan produk terbaru Dell ini? Simak ulasannya berikut:

Spesifikasi dan Harga

Spesifikasi dan Harga

Dell XPS 13 Laptop Mag

 

Dell menawarkan XPS 13 dalam empat pilihan konfigurasi, yang semuanya menggunakan prosesor Intel generasi ke-7 Kaby Lake. Mulai dari Intel Core i3-7100U, Core i5-7200U, hingga Core i7-7560U. Anda bisa memilih laptop Dell dengan RAM antara 4 GB dan 8 GB. Sementara itu, untuk sarana penyimpanan data, tersedia opsi SSD 128 GB dan 256 GB.

Empat konfigurasi Dell XPS 13, ditawarkan dengan harga masing-masing US$799, US$999, US$1.349, dan US$1.699. Semua konfigurasi perangkat tersebut didapatkan dengan sistem operasi Windows 10 Home versi 64-bit. Dua opsi konfigurasi pertama, dilengkapi dengan Intel HD Graphics. Sementara yang lainnya, hadir dengan Iris Plus Graphic 640.

Terakhir, laptop ini tersedia dalam opsi layar sentuh dan nonlayar sentuh. Hanya saja, Dell XPS 13 layar sentuh hanya bisa didapatkan pada pilihan konfigurasi Quad HD+ yang dipatok dengan banderol US$1.699.

Desain luar

Design Laptop XPS 13 CNET

 

Tidak hal berbeda yang bisa dilihat antara XPS 13 versi 2017 dengan XPS 13 terdahulu. Laptop ini masih hadir cantik dengan balutan alumunium, tapi dengan tambahan pilihan warna. Tidak hanya silver, tapi juga rose gold. Perangkat ini juga menggunakan keyboard backlit yang nyaman.

Tidak hanya itu, laptop ini juga menawarkan ukuran layar yang masih sama, 13,3 inci. Layar tersebut tetap dibalut dalam ukuran yang kecil, sehingga terlihat seperti laptop berukuran 11 inci. Semua itu mereka peroleh berkat penggunaan bezel super tipis yang menimbulkan kesan infinity display. Pihak Dell menyediakan dua pilihan layar dengan resolusi berbeda, yakni Full HD (1.920×1.080 piksel) dan Quad HD+ (3.200×1.800 piksel).

Lalu, apa yang membuat tampilan laptop ini berbeda dengan pendahulunya? Secara desain, laptop ini memiliki ukuran sangat tipis. Pada titik tertipisnya, Dell XPS 13 berukuran 9 mm, sementara pada titik paling tebalnya berukuran 15 mm.   Bobotnya sangat ringan. Dell XPS 13 dengan layar biasa punya bobot 1,2 kg. Sementara itu, versi layar sentuh punya berat 1,29 kg.

Beralih ke webcam, laptop ini memiliki posisi kamera yang tidak mengenakkan. Dengan ukuran bezel yang super tipis, Dell memindahkan posisi webcam ke bagian bawah layar. Itu pun bukan di bagian tengah, melainkan sebelah kiri. Dengan posisi tersebut, chatting video dengan teman atau saudara pun akan terasa kurang nyaman. Terlebih dulu harus menempatkan layar agak ke belakang.

Performa

XPS 13 Performa NotebookReview Forums

 

Keberadaan prosesor Intel Core generasi ke-7 memberikan jaminan performa tinggi pada produk laptop terbaru Dell ini. Apalagi, prosesor Intel Core i7 Kaby Lake dikombinasikan dengan RAM sebesar 8 GB dan layar beresolusi tinggi Quad HD+.

Dengan spesifikasinya tersebut, laptop ini mampu melahap game-game ringan seperti Hearthstones dengan sangat mudah. Menjalankan beberapa aplikasi sekaligus juga tidak terlalu sulit. Dalam pengujian, membuka sebanyak 10 tab Google Chrome, dokumen, file Excel, serta aplikasi Slack, bisa dilakukan dengan lancar. Tidak ada permasalahan serius.

Menggunakan perangkat ini untuk keperluan edit foto juga tidak kalah bagusnya. Anda bisa menggunakan aplikasi Lightroom untuk mempercantik hasil jepretan gambar. Apalagi, resolusi Quad HD+ sangat membantu dalam aktivitas pengeditan gambar. Bahkan, performanya saat digunakan untuk mengedit gambar jauh lebih membantu dibandingkan layar dengan resolusi Quad HD (2.560×1.440 piksel).

Daya tahan baterai

XPS 13 Daya Baterai Teknorus.com

 

Pihak Dell mengklaim laptop XPS 13 punya daya tahan baterai yang sangat tinggi. Hal tersebut terbukti dalam pengujian lewat aplikasi benchmark MobileMark 14. Dalam pengujian ini, XPS 13 Full HD dengan prosesor Intel Core i3 mampu bertahan selama 22 jam. Sementara itu, XPS 13 Quad HD+ bisa digunakan nonstop selama 13 jam.

Dalam pengujian secara langsung, daya tahan baterai XPS 13 pun terbukti sangat bagus. Saat digunakan untuk memainkan film Guardians of the Galaxy pada resolusi Full HD, XPS 13 Quad HD+ mampu bertahan selama 7 jam 13 menit. Pencapaian tersebut hampir mirip dengan MacBook Pro, yang dalam pengujian serupa mencatatkan waktu 7 jam 24 menit.

Sebagai catatan, dalam tes kedua perangkat tersebut, WiFi dalam kondisi nonaktif. Selain itu, volume dan tingkat kecerahan layar dalam posisi 50%. Sementara itu, keyboard backlightning juga dimatikan.

Anda bisa menggunakan baterai pada laptop ini jauh lebih lama kalau menggunakan fitur Battery Saver yang tersedia di Windows 10. Hal ini bisa dilakukan kalau berada dalam perjalanan panjang dan kesulitan memperoleh asupan listrik.

Alternatif Dell XPS 13

XPS 13 Alternatif WinPoin

 

Selain Dell XPS 13, Anda bisa juga mempertimbangkan untuk mencari perangkat serupa dengan kemampuan yang tidak jauh berbeda. Salah satunya yang cukup menarik adalah membandingkan performa XPS 13 dengan MacBook Pro 13.

Laptop ini memiliki banderol yang relatif lebih murah dibandingkan MacBook Pro. Ditambah lagi, XPS 13 punya kapasitas RAM lebih besar dan prosesor lebih bagus. Belum lagi, resolusi layar yang lebih tinggi.

Untuk sesama komputer berbasis Windows, Razer Blade Stealth yang dipatok dengan harga terendah sebesar US$899 bisa menjadi pembanding. Apalagi, kalau Anda mencari perangkat komputer yang dipakai untuk aktivitas bermain game.

Dengan harga yang lebih murah, Razer Blade Stealth memiliki layar biasa beresolusi Quad HD (2.560×1.440 piksel) yang prosesor Intel Generasi ke-7. Sementara itu, kapasitas SSD dan RAM setara dengan XPS 13. Hanya saja, Razer Blade Stealth tidak dilengkapi dengan SD card reader.  Meski, hal ini sejatinya bukanlah terlalu bermasalah bagi seorang gamer.

Selanjutnya, ada pula HP Spectre x360 yang menawarkan desain tidak kalah cantiknya. Laptop konvertibel ini punya kapasitas RAM dan prosesor yang sama dengan Dell XPS 13. Hanya saja, komputer ini memiliki kapasitas penyimpanan data lebih besar. Ada pula opsi layar sentuh Full HD. Tidak ketinggalan, Anda juga bisa memperoleh Spectre x360 yang hadir dengan resolusi lebih tinggi, yakni UHD (3.840×2.160 piksel).

Kesimpulan

 

          Dell XPS13 UltrabookReview.com

 

Laptop Dell XPS 13 ini merupakan pilihan yang cocok untuk mereka yang tengah mencari perangkat dengan desain elegan. Apalagi, kalau Anda adalah seorang yang punya mobilitas tinggi. Desain tipis, ringan, dan baterai yang tahan lama pada laptop ini sangatlah membantu.

Selain itu, laptop ini juga menjadi pilihan bagus untuk seorang desainer grafis. Layar beresolusi tingginya bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk menghasilkan gambar dengan kualitas bagus.

Author

Write A Comment