Sejak pertama kali muncul, kamera perekam satu ini langsung menjadi benda favorit bagi mereka yang memili hobi vlogging. Terlebih bagi para penggemar olahraga ekstrem, misalnya skateboarding atau gliding. Pasalnya, perekam kamera satu ini memiliki ukuran yang mungil dan mudah dioperasikan. Selain itu, GoPro juga memiliki ketahanan yang amat menakjubkan dalam cuaca apa pun, bahkan ketika digunakan di dalam air.

 

Berbagai fitur pun turut melengkapi kecanggihan kamera perekam yang satu ini. Misalnya, seri GoPro sebelumnya, GoPro Hero 4 Black, dilengkapi dengan kemampuan merekam dan menangkap video gerakan lambat dengan kecepatan yang mumpuni. Tak heran jika kini banyak pesaing bermunculan untuk membuat produk yang sama, salah satunya adalah TomTom’s Bandit.

 

Agar tetap mampu mencuri perhatian para pencinta kamera, GoPro kembali merilis kamera perekam tipe teranyar lengkap dengan fitur-fitur terbaru. Tentunya dengan teknologi yang lebih baik dibandingkan dengan seri sebelumnya. Seri terbaru ini adalah GoPro Hero 5 Black.

 

Desain dan Fitur Terbaru

Desain terbaru GoPro hero 5 black
Desain terbaru GoPro hero 5 black

GoPro Hero 5 Black hadir dengan warna hitam matte yang sederhana namun tetap keren dan memesona. Ukurannya tidak berubah, tetap hanya sebesar genggaman tangan orang dewasa.

 

Seri GoPro terbaru ini kini dilengkapi dengan layar sentuh di bagian belakang, sehingga pengguna tidak akan lagi kesulitan untuk mengoperasikannya ketika sedang merekam dan melihat hasilnya. Selain itu, kemampuan resolusinya juga meningkat menjadi 4K pada kecepatan 30 fps (frame per second). Sementara untuk menangkap video gerakan lambat, GoPro Hero 5 Black ini memiliki resolusi 1080p pada kecepatan 120 fps.

 

Pengambilan foto atau still image dengan GoPro Hero 5 Black dapat dilakukan dalam 3 mode, yaitu mode single, burst, dan time-lapse. Gambar-gambar ini kemudian dapat disimpan dalam bentuk raw. Adanya mode Wide Dynamic Range (WDR) yang merupakan versi terbaru dari mode High Definition Range (HDR) pada GoPro seri terbaru ini akan memudahkan pengambilan foto.

 

Sementara itu, pada bagian depan kamera terdapat layar dengan ukuran lebih kecil yang berfungsi untuk melihat hasil foto, sisa daya baterai, dan sisa ruang simpan kartu memori. Pada bagian atas kamera terdapat tombol berwarna merah yang berfungsi sebagai pusat kontrol. Jika Anda menekan tombol ini, kamera akan mulai merekam secara otomatis.

 

Kini, Anda tak perlu lagi menggunakan casing pelindung ketika menggunakan GoPro Hero 5 Black di dalam air, karena kamera ini mampu bertahan hingga kedalaman 10 meter. Penutup lensa di bagian depan kamera juga dapat dilepas untuk memaksimalkan pengambilan gambar ketika Anda menyelam atau snorkeling.

 

Aksesori terbaru lainnya mencakup penggunaan USB tipe C, fitur pembaca kartu memori mobile untuk mengirim atau mengunduh gambar ketika Anda tidak membawa serta ponsel atau laptop. Selain itu, GoPro Hero 5 Black juga didukung dengan baterai yang lebih tahan lama dan adanya dual microphone di bagian depan dan belakang untuk menangkap suara dengan lebih baik.

 

Kualitas Material dan Kenyamanan Penggunaan

Kualitas GoPro hero 5 black
Kualitas dan kenyaman  GoPro hero 5 black

Tanpa adanya pelindung tambahan, tampilan luar GoPro Hero 5 Black tentu terlihat lebih stylish. Selain itu, tak adanya pelindung ini juga menjadikan suara yang ditangkap lebih jernih, karena mikrofon mampu bekerja maksimal tanpa penghalang. Ketiadaan pelindung ini pun akan memudahkan pengoperasian fitur layar sentuh dan rana hanya dengan sekali tekan.

 

Fitur Super Suit disediakan untuk para pengguna yang ingin merekam aktivitas bawah laut lebih dari batas kedalaman maksimal (10 meter). Namun, pemakaian di atas batas tersebut berisiko membuat kamera ini basah dan mengenai segel penutup lensa karena kebocoran air. Kebocoran ini nantinya akan menyebabkan munculnya uap dalam kamera.

 

Meskipun belum dilakukan uji coba ketahanan produk, produsen mengklaim bahwa GoPro Hero 5 Black tidak akan mengalami kerusakan fatal walau terjatuh, terbentur, dan digunakan di dalam air berkali-kali. Juga, tidak ada perubahan di bagian sistem pemasangannya, sehingga kamera GoPro seri terbaru ini masih compatible dengan aksesori lama apa saja yang Anda miliki.

Performa dari GoPro Hero 5 Black

Performa GoPro hero 5 black
Performa GoPro hero 5 black

Berdasarkan hasil uji coba yang telah dilakukan, kamera GoPro Hero 5 Black mampu bekerja dan berfungsi dengan baik di segala cuaca, bahkan pada cuaca paling ekstrem sekalipun. Selain itu, Aplikasi Capture-nya memungkinkan pengguna untuk menghubungkan kamera dengan ponsel melalui WiFi built-in untuk menyesuaikan setelan dan mengunduh gambar.

 

Namun, adanya fitur layar sentuh pada bagian belakang membuat ponsel pintar tak lagi dibutuhkan. Pasalnya, Anda bisa mengambil gambar langsung dari kamera hanya dengan pengaturan yang tepat tanpa bantuan ponsel. Hanya dengan menyentuh dan menggeser, Anda telah bisa melakukan bermacam pengaturan, mulai dari mengubah frame rate, melihat hasil rekaman, dan masih banyak lagi.

 

Permasalahan akan muncul ketika Anda menggunakan GoPro Hero 5 Black di dalam air. Pengoperasian layar sentuh menjadi sedikit lebih sulit. Agar bisa berfungsi, Anda harus menekan layar dengan kekuatan yang lebih besar.

 

Namun jangan khawatir, karena produk terbaru dari GoPro ini telah dilengkapi oleh fitur suara untuk memudahkan penggunaannya di dalam air. Anda cukup mengatakan “GoPro mulai merekam” atau “GoPro ambil foto”, dan kamera ini akan menjalankan perintah tersebut . Lebih praktis daripada harus menekan layar sekuat tenaga, bukan?

 

Kualitas Gambar yang Dihasilkan

Performa GoPro hero 5 black
Performa GoPro hero 5 black

GoPro Hero 5 Black memiliki sistem pengaturan ProTune, jadi pengguna akan lebih mudah mengatur ISO, ketajaman, dan mengatur eksposur. Ada banyak resolusi dan frame rate yang tersedia, tetapi Anda bisa menjajal kemampuan kamera ini dalam mengambil gambar dengan resolusi 4K maksimal, yang bisa dikombinasikan dengan frame rate lainnya.

 

Umumnya, pengambilan gambar dengan resolusi 1080p pada 30 fps adalah pilihan terbaik untuk mendapatkan hasil rekaman yang mumpuni. Namun, Anda bisa meningkatkan kecepatan frame per second hingga angka maksimal dan membandingkan hasil rekaman yang Anda peroleh.

 

Fitur spot built-in pada GoPro Hero 5 Black memiliki kemampuan yang hebat dalam mengatur pencahayaan dengan cepat. Selain itu, pengambilan gambar ISO tinggi di tempat yang minim cahaya tidak akan mengakibatkan noise yang terlalu kentara.

 

Tak hanya itu, fitur Electronic Image Stabilization pada kamera ini akan membuat hasil rekaman Anda jauh lebih halus dan tampak sempurna. Sayangnya, fitur hebat ini memerlukan energi dalam jumlah besar, yang akan membuat kamera lebih cepat kehabisan daya.

 

GoPro Hero 5 Black menggunakan 2 aplikasi baru untuk mengedit gambar, yaitu Quik dan Splice. Quik akan memudahkan Anda dalam membuat film dari foto atau cuplikan yang telah dipilih sebelumnya. Anda hanya perlu menambahkan musik. Meskipun aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk tema-tema tertentu, hasilnya cukup memuaskan untuk diunggah ke media sosial.

 

Sementara itu, aplikasi Splice akan memberikan kemudahan dalam melakukan pengeditan pada berbagai model. Sayangnya, aplikasi ini hanya bisa terhubung dari ponsel pintar berbasis iOS saja. Keuntungannya, Anda bisa mengakses iTunes Library untuk memilih musik dan nada yang cocok.

 

 

Author

Write A Comment