Berbicara soal kecanggihan smartphone, tidak terlepas dari harganya. Belakangan ini muncul berbagai merek ponsel pintar dengan harga di bawah 2 juta rupiah. Misalnya, produk dari negeri tirai bambu; kategori murahnya diimbangi performa mumpuni. Pun memiliki kinerja lumayan dalam mengoperasikan aplikasi.

Namun tidak dimungkiri, perhatian pengguna gadget selalu tertuju pada spesifikasi. Tawaran ponsel murah belum cukup untuk meyakinkan kualitasnya. Minimal, mengusung baterai tahan lama, RAM besar, serta kamera terbaik. Lalu, adakah gawai yang demikian? Untuk menjawab rasa penasaran Anda, berikut ini ditampilkan 16 merek smartphone dengan harga di bawah 2 juta rupiah.

  1. Samsung Galaxy J5

Samsung Galaxy J5
Samsung Galaxy J5

Soal prosesor, Samsung Galaxy J5 memang bisa diandalkan. Apalagi kalau bukan QuadCore 1,2 GHz. Semua fitur dapat berjalan tanpa loading yang menjengkelkan. Tak perlu khawatir baterai drop saat memainkan game Android. Merek smartphone ini dilengkapi fitur More Battery Power dan Ultra Power Saving Mode.

Performa Samsung Galaxy J5 semakin menawan dengan tambahan layar Super AMOLED. Nonton video streaming atau melihat foto lebih bening dan tajam warnanya. Selain itu, dilengkapi kamera 13 MP yang menghasilkan jepretan maksimal meskipun dalam kondisi cahaya redup. Untuk mendapatkan smartphone ini, cukup mengeluarkan 1,9 jutaan rupiah.

  1. Advan Vandroid S5J+

Advan Vandroid S5J+
Advan Vandroid S5J+

Bisa dikatakan, prosesor Advan Vandrioid S5J+ satu tingkat lebih mumpuni daripada Samsung Galaxy J5. Dengan mengandalkan QuadCore 1,3 GHz, kinerjanya tidak mengecewakan. Didukung sistem operasi KitKat versi terbaru; performa smartphone ini semakin meyakinkan.

Sayangnya, kualitas kamera masih standar. Hanya 2 MP dan 8 MP dengan LED flash, autofocus, face/smile detection, dan touch focus. Harga pasaran 1,4 jutaan rupiah agaknya memengaruhi daya tahan baterai dan resolusi layar yang tergolong kecil. Namun, smartphone ini sangat ringan, tipis, dan modis; mudah dibawa ke tempat mana pun.

  1. Xiaomi Redmi 1S

Xiaomi Redmi 1s
Xiaomi Redmi 1s

Hanya 1,5 jutaan rupiah, ponsel Android Xiaomi Redmi 1S bisa dimiliki. Kinerja aplikasi didukung prosesor QuadCore 1,6 GHz dan sistem operasi Jelly Bean 4.3. Meskipun belum dilengkapi jaringan 4G LTE, koneksi internetnya cukup lancar dengan HSPA+. Soal kecepatan loading, performa smartphone ini sangat menawan. Apalagi ditambah kamera yang hasil jepretannya memuaskan.

  1. Samsung Galaxy J1

    Samsung Galaxy J1Samsung Galaxy J1

Bagi penggemar smartphone berlayar minimalis, Samsung Galaxy J1 bisa menjadi pilihan terbaik. Spesifikasinya tergolong standar dengan prosesor Dual Core 1,2 GHz. Walaupun kapasitas RAM hanya 512, kinerjanya sangat optimal dalam menjalankan beberapa fitur Android. Masalah kamera, cukup untuk menghasilkan gambar beresolusi 2592 x 1944 piksel. Siapkan uang sekitar 1,5 jutaan rupiah kalau ingin memiliki gadget ini.

  1. Samsung Galaxy J3

Samsung Galaxy J3
Samsung Galaxy J3

Samsung Galaxy J3 menghadirkan jaringan 4G LTE  dan CPU Quad Core 1,2 GHz. Memiliki kualitas kamera selfie terbaik dengan fitur LED flash. Didukung teknologi layar IPS, smartphone ini menampilkan gambar secara optimal. Mengandalkan sistem operasi Lollipop, RAM 1,5 GB, serta memori 8 GB sehingga kinerjanya mumpuni. Anda bisa mendapatkan gadget tersebut hanya 1,7 jutaan rupiah, lho.

  1. Smartfren Andromax R2

Smartfren Andromax R2
Smartfren Andromax R2

Diluncurkan pada bulan Januari 2016 silam, Smartfren Andromax R2 tampil memikat dengan kamera selfie Dual LED Flash. Sensor BSI dan autofocus menghasilkan gambar berkualitas. Tidak ketinggalan, tenaga penuh dari prosesor Snapdragon 415; Octa Core 1,4 GHz menciptakan performa mengagumkan. Terlebih harganya dibanderol 1,6 jutaan rupiah. Siapa yang tak tertarik untuk membeli?

  1. Xiaomi Redmi 3s

Xiaomi Redmi 3s
Xiaomi Redmi 3s

Dibekali sistem operasi Android Marsmallow versi 6.0, Xiaomi Redmi 3s mampu menjalankan berbagai jenis aplikasi. Baterai 4.100 mAh dengan teknologi fast charging membuat kinerja ponsel semakin maksimal. Smartphone ini juga memiliki kamera selfie 5 MP beresolusi cukup tinggi. Jangan khawatir soal harga karena hanya senilai 1,6 jutaan rupiah.

  1. Xiaomi Redmi 3x

Xiaomi Redmi 3x
Xiaomi Redmi 3x

Xiaomi Redmi 3x selalu memberikan kualitas jaringan 4G terbaik untuk pengguna internet. Semua itu didukung sistem operasi Marsmallow dan CPU Octa Core 1,4 GHz. Rasanya tidak sayang merogoh kocek 1,6 jutaan untuk mendapatkan smartphone ini. Pasalnya, memiliki spesifikasi nyaris sempurna. Apalagi support kamera depan 5 MP dan 13 MP di bagian belakang.

  1. Oppo A37

Oppo A37
Oppo A37

Lagi-lagi kamera selfie berkualitas menjadi andalan smartphone di bawah 2 jutaan rupiah. Teknologi screen flash membuat hasil jepretan selalu sempurna meski sedikit cahaya. Oppo A37 juga didukung prosesor Quad Core 1,2 GHz sehingga berkecepatan maksimal saat mengoperasikan fitur. Tidak ketinggalan, jaringan 4G LTE siap membawa pengguna gadget keliling dunia lewat internet.

  1. Lenovo A6000

Lenovo A6000
Lenovo A6000

Lenovo A6000 memang dapat diandalkan karena dibekali prosesor Quad Core 1,2 GHz dan chipset Qualcomm Snapdragon. Tak mengherankan, jaringan 4G LTE mampu bekerja optimal di sistem operasi KitKat versi 4.4.2. Sayangnya, baterai smartphone ini tergolong boros. Kekuatannya hanya 2.300 mAh. Jadi, tak perlu berharap bisa menonton film dalam waktu lama di Android ini.

  1. Asus Zenfone 6 Lite

Asus Zenfone 6 Lite
Asus Zenfone 6 Lite

Asus Zenfone 6 Lite menawarkan performa unggul dengan mengandalkan baterai berkekuatan 25.000 mAh. Pun didukung sistem operasi Android KitKat versi terbaru. Prosesornya berkecepatan dual core 1,2 GHz sehingga mampu menjalankan beragam fitur dan aplikasi. Hanya 1,8 jutaan rupiah, smartphone ini bisa berpindah ke tangan pemburu gadget.

  1. Lenovo A536

Lenovo A536
Lenovo A536

Dengan spesifikasi di bawah Lenovo A6000, ponsel pintar ini dibanderol 1,4 jutaan rupiah saja. Namun, soal kualitas, tak bisa diremehkan. Pasalnya, didukung prosesor Quad Core 1,3 GHz dan Android KitKat versi 4.4.2. Selain itu, pabrik telah membenamkan kamera 2 MP dan 5 MP dengan  LED flash dan autofocus.

  1. Polytron Zap 5

Polytron Zap 5
Polytron Zap 5

Siapa sangka, merek Polytron berhasil mengeluarkan smartphone murah berspesifikasi jaringan 4G LTE. Prosesor Quad Core 1,2 GHz rupanya mendukung kinerja ponsel pintar ini. Dibekali sistem operasi KitKat versi 4.4.2, Polytron Zap 5 tampil memukau. Meskipun kamera depannya belum mumpuni, harga 1,1 jutaan rupiah membuatnya semakin diminati.

  1. Evercoss Elevate Y3+

Evercoss Elevate Y3+
Evercoss Elevate Y3+

Beralih ke merek Evercoss yang membekali produknya dengan kamera depan 5 MP. Jepretannya didukung LED flash sehingga foto terlihat jelas di tempat gelap. Evercoss Elevate Y3+ juga mendapat support dari prosesor Mediatek berkecepatan Quad Core 1,0 GHz. Tertarik membelinya? Anda hanya perlu menyiapkan 1,3 jutaan rupiah.

  1. Evercoss One X

Evercoss One X
Evercoss One X

Ponsel pintar bersistem operasi Lollipop ini bisa dibeli dengan harga 1,3 jutaan rupiah saja, lho. Kecepatan loading aplikasinya tidak mengecewakan karena dibekali Quad Core 1,3 GHz. Panel layar IPS 4,5 inci membuat performa smartphone ini semakin mengagumkan. Meskipun hanya didukung jaringan 3G HSPA, koneksi datanya cukup memuaskan.

  1. Infinix Hot 4 Pro

Infinix Hot 4 Pro
Infinix Hot 4 Pro

Walaupun merek ini jarang muncul di pasaran, spesifikasinya cukup mumpuni. Apalagi dibenamkan kamera depan 5 MP dengan jepretan memuaskan. Tentu smartphone senilai 1,8 jutaan rupiah ini menjadi incaran pengguna gadget. Mengusung CPU berkecepatan Quad Core 1,3 GHz, Infinix Hot 4 Pro mampu bekerja optimal. Di samping itu, kekuatan baterainya mencapai 4.000 mAh.

Itulah 16 HP Android yang harganya di bawah 2 jutaan rupiah. Awet atau tidaknya smartphone tersebut, tergantung cara Anda memperlakukannya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Author

Write A Comment