Microsoft telah secara resmi memperkenalkan produk tablet terbarunya, Surface Pro pada 23 Mei 2017. Tablet ini diperkenalkan sebagai penerus Microsoft Surface Pro 4. Tentu saja, pihak Microsoft memberikan peningkatan kualitas pada produk terbarunya ini. Namun, peningkatan seperti apa saja?

Untuk melihat lebih jauh mengenai kemampuan tablet multifungsi dari Microsoft ini, Anda bisa mengikuti ulasannya di bawah ini:

Harga dan Spesifikasi

Microsoft Surface Pro Ulasan Segala Macam Gadget dan Handphone – blogger

Pihak Microsoft menyediakan beragam konfigurasi tablet Surface Pro yang bisa didapatkan. Anda bisa menemukan sebanyak 6 pilihan konfigurasi Surface Pro, dengan harga termurah di angka US$799 dan yang paling mahal dipatok dengan banderol US$2.699.

Tablet Surface Pro dengan harga US$799 hadir dengan konfigurasi prosesor Intel Core m3, RAM 4 GB, serta sarana penyimpanan berupa SSD berkapasitas 128 GB. Sementara itu , Surface Pro dengan spesifikasi tinggi, hadir dengan prosesor Intel Core i7, RAM 16 GB, dan SSD sebesar 1 TB. Di antara kedua pilihan tersebut, ada pula opsi yang hadir dengan prosesor Intel Core i5.

Tablet ini memiliki layar berukuran 12,3 inci yang dilengkapi teknologi PixelSense solusi dengan 2.736×1.824 piksel. Untuk menunjang performa grafis perangkat ini, Microsoft membenamkan kartu grafis Intel HD Graphics 616 (versi m3), Intel HD Graphics 620 (versi i5), dan Intel Iris Plus Graphics 640 (versi i7).

Desain Luar

Surface Pro Design Notebookcheck

Penampilan tablet ini sangat menarik, berukuran tipis, hanya 8,5 mm. Secara keseluruhan, Surface Pro memiliki dimensi 292 mm x 201 mm x 8,5 mm. Bobot tablet ini pun tidak terlalu memberatkan. Surface Pro versi m3 memiliki bobot 768 gram. Sementara itu, versi i5 dan i7 masing-masing adalah 770 gram dan 784 gram.

Desain tipis dan ringan tersebut hadir dengan balutan magnesium yang kokoh dan terlihat cantik. Penampilan tablet ini tidak jauh berbeda jika dibandingkan dengan pendahulunya. Hanya saja, ada perbedaan pada bentuk ujung yang lebih mulus. Membuatnya lebih nyaman di tangan.

Untuk kenyamanan lebih, pihak Microsoft menyematkan sistempendingin fanless pada perangkat ini. Hanya saja, fitur ini bisa ditemukan pada versi Core i7. Anda tidak akan menemukannya pada Surface Pro yang menggunakan Intel M3 ataupun Core i5.

Tablet ini dilengkapi dengan kickstand dan memiliki tiga jenis mode pemakaian. Anda bisa menggunakan perangkat ini dalam mode tablet, studio, dan laptop. Mode studio diperoleh dengan memanfaatkan kickstand pada bagian belakang tablet yang dibentuk pada sudut 165 derajat. Hal ini memudahkan saat tablet dipakai untuk menggambar.

Selain itu, ada pula mode laptop yang memungkinkan perangkat ini digunakan selayaknya notebook. Mode ini diperoleh dengan menambahkan cover baru yang disebut oleh Microsoft dengan nama Alcantara Type Cover.

Cover tersebut menempel pada bagian bawah tablet menggunakan magnet. Trackpad pada Type Cover ini juga cukup nyaman digunakan. Berjalan sangat mulus pada sistem operasi Windows 10 yang digunakan tablet ini.

Pihak Microsoft menyediakan tiga pilihan warna Type Cover yang bisa diperoleh. Type Cover Alcantara bisa diperoleh dengan harga US$159, dengan dua opsi warna, yakni burgundy dan cobalt blue. Sementara itu, Type Cover warna hitam, dijual lebih murah dengan banderol US$129.

Performa lebih tinggi dengan Pen Surface

Pen Surface 11Street

Seperti halnya pada produk Surface Pro terdahulu, perangkat terbaru Microsoft ini juga ditemani dengan keberadaan Pen Surface. Microsoft memberikan desain Pen Surface terbaru yang lebih canggih dibandingkan pendahulunya. Hanya saja, untuk saat ini tersedia satu pilihan warna, yakni perak.

Secara khusus, menggunakan Surface Pen pada Surface Pro bakal memberikan peningkatan performa secara maksimal. Apalagi, kalau Anda kerap menggunakan Surface Pro untuk keperluan desain grafis. Pen yang mampu mengenali sebanyak 4.096 tingkat tekanan ini bakal sangat membantu.

Dengan kemampuan tersebut, pen ini digunakan untuk menggambar dengan intensitas warna yang berbeda di setiap titik. Kemampuan tersebut juga didukung dengan keberadaan beragam aplikasi desain grafis yang bisa ditemukan pada tablet Surface Pro.

Perlu diketahui, Anda tetap bisa menggunakan Pen Surface tipe lama pada perangkat ini. Hanya saja, penggunaannya tidak akan maksimal. Alasan utamanya adalah, karena Surface Pro hadir dengan teknologi digitizer terbaru.

Hanya saja, lagi-lagi Anda harus mengeluarkan uang tambahan untuk mendapatkan Pen Surface. Perangkat ini memang ditawarkan secara terpisah. Untuk memperolehnya, Anda harus mengeluarkan uang sebesar US$99.

Konektivitas

Surface Pro Fungsional Viateknologi

Desain yang tipis dan ringan harus dibayar mahal, bukan hanya dari segi harga. Namun, juga dari segi fungsional. Salah satunya adalah minimnya jumlah port pada produk Microsoft ini. Anda tidak akan menjumpai keberadaan port HDMI, ethernet, ataupun USB-C.

Sebagai gantinya, perangkat ini memiliki tiga port, yakni USB 3.0, miniDisplay, serta slot microSD yang tersembunyi di balik kickstand.  Kalau ingin mendapatkan port tambahan, Anda bisa menggunakan Surface Dock, dijual seharga US$199. Anda akan memperoleh empat port USB, ethernet, soket headphone, ethernet, serta miniDisplay pada aksesori ini.

Performa dan hasil tes benchmark

Surface Pro Performa Berita Teknologi

Menilik spesifikasinya, performa tablet Surface Pro memang tidak perlu dipertanyakan. Perangkat ini pun sangat nyaman dipakai untuk aktivitas pekerjaan, hiburan, dan bahkan bermain game.

Mengoperasikan tablet ini untuk aktivitas berselancar di dunia maya dengan beberapa tab sekaligus bisa dilakukan sangat lancar. Multitasking juga bisa diatasi tablet ini dengan mudah. Bahkan, sembari mengedit gambar melalui aplikasi Lightroom sekalipun.

Memakai tablet ini untuk bermain game Hearthstone juga berjalan lancar. Layar sentuh tablet ini bisa dimanfaatkan secara maksimal. Hanya saja, untuk untuk game yang butuh performa lebih tinggi, tablet ini cukup kesulitan mengatasinya.

Dalam hasil tes benchmark Geekbench 4, Surface Pro versi i7 memiliki performa tidak kalah dibandingkan iPad Pro dari Apple. iPad Pro memiliki poin sebesar 9.290, sementara Surface Pro menampilkan hasil 9.296.

Daya tahan baterai

Surface Pro Daya Baterai Zopini

Dalam situs resminya, Microsoft mengungkapkan kalau tablet ini memiliki daya tahan baterai hingga 13,5 jam.  Kapasitas baterai tersebut mengalami peningkatan dibandingkan Surface Pro 4. Ada perbedaan sebanyak 20%. Ditambah lagi, prosesor Intel generasi ke-7 Kaby Lake berkontribusi pada efisiensi baterai.

Namun, dalam hasil pengujian, klaim tersebut tidak terbukti. Meski begitu, daya tahan baterai tablet terbaru ini cukup memuaskan. Efisiensi baterai Surface Pro terbukti jauh lebih baik dibandingkan pendahulunya.

Dalam pengujian daya tahan baterai menggunakan aplikasi PCMark 8 Battery Life, baterai tablet ini mampu digunakan nonstop selama 4 jam 3 menit. Angka ini lebih tinggi 24% dibandingkan Surface Pro 4. Sementara itu, dari hasil pengujian yang dilakukan Techradar, baterai ini tahan digunakan hingga 6 jam 58 menit.

Pada pengujian tersebut, daya tahan Surface Pro memang lebih rendah dibandingkan iPad Pro dan Samsung Galaxy Book yang masing-masing mampu bertahan hingga 7 jamdan 7 jam 30 menit. Paling tidak, menurut metode pengujian yang sama, terdapat peningkatan sebesar 32% dibandingkan Surface Pro terdahulu.

Kesimpulan

Secara umum, desain tipis, performa tinggi, serta daya tahan baterai yang cukup panjang menjadi hal menarik dari tablet ini. Hanya saja, sangat disayangkan karena Microsoft tidak menyediakan paket bundling Surface Pro dengan Type Cover dan Surface Pen.

 

Author

Write A Comment