Sudah hampir tiga tahun sejak next generation console PS4 dan Xbox One diluncurkan. Versi orisinal dari PS4 dan Xbox One memang cenderung ketinggalan zaman, terutama setelah kehadiran Xbox One S dan PS4 Slim. Namun, hal tersebut tidak membuat perdebatan mengenai keunggulan keduanya mereda seketika.

Rival abadi di dunia game konsol ini memang mampu menawarkan berbagai inovasi yang membuat gamers sejati makin dibuat pusing untuk memilih salah satu di antaranya. PS4 dan Xbox One tentunya memiliki pesona dan keunggulan masing-masing, terutama dengan kehadiran games eksklusif yang sudah memiliki peminat garis kerasnya.

Para gamers sejati mungkin sudah menjatuhkan pilihan mana di antara konsol ini yang terbaik. Namun, masih banyak pula yang belum bisa membedakan keunggulan konsol keluaran Sony dan Microsoft ini. Ulasan berikut mungkin dapat memberikan sedikit gambaran mengenai keunggulan PS4 dan Xbox One.

Desain Hardware

Desain Hardware
Desain Hardware

 

Sekilas, tampilan luar PS4 dan Xbox One terlihat identik. Namun, banyak yang menilai desain PS4 lebih terkesan elegan dan ergonomis. Tampilan panel depannya pun tampak apik dan ramping, membuatnya terlihat seakan-akan tidak memiliki disc tray.

Berbeda dari desain luar PS4 yang tampak elegan, Xbox One tampaknya ingin menghadirkan citra gagah dengan ukurannya yang jauh lebih besar dari PS4. Jika kedua konsol ini disandingkan, Xbox One akan tampak lebih mendominasi berkat ukurannya. Ukurannya yang besar tampaknya berpengaruh pada penggunaan daya. Pada kondisi standby, Xbox One akan menghabiskan daya sekitar 30 Watt, sedangkan PS4 hanya membutuhkan sekitar 13 Watt.

Controller

Controller
Controller

Untuk elemen yang satu ini, mungkin mayoritas gamers akan setuju jika controller Xbox 360 merupakan controller terbaik yang pernah dirilis Microsoft. Controller Xbox 360 terasa mantap saat digenggam serta memiliki desain yang jauh lebih apik dibanding DualShock 3 milik PlayStation.

Kabar baiknya, controller Xbox One kembali membawa keunggulan Xbox 360 yang tentunya menjadi poin pertimbangan paling penting. Selain membawa keunggulan controller Xbox 360, Xbox One juga menambahkan sejumlah elemen menarik lainnya seperti tombol dan slot baterai yang jauh lebih kecil.

PS4 pun tidak mau kalah. Microsoft mengeluarkan versi elit dari controller PS4 yang sudah dibekali dengan sejumlah opsi customization. Namun sayang, harganya pun jauh lebih mahal. Di sisi lain, DualShock 4 dinilai lebih efisien berkat tampilan antarmukanya dan mampu mengakomodasi kebutuhan para gamers saat bermain. Jadi, jika Anda merupakan gamer yang mengedepankan nilai guna dibanding gengsi, DualShock 4 merupakan solusi terbaik.

Meski  begitu, daya tahan baterai DualShock 4 tampaknya tidak begitu tahan lama, yakni hanya bertahan selama 7 jam tanpa henti. Sementara, controller Xbox One menggunakan dua jenis baterai AA yang membuatnya jauh lebih tahan lama dan dapat bertahan hingga satu minggu lamanya jika dimainkan dalam durasi yang sama.

Kapasitas Penyimpanan dan Spesifikasi Umum

Kapasitas Penyimpanan dan Spesifikasi Umum
Kapasitas Penyimpanan dan Spesifikasi Umum

PlayStation 4 dan Xbox One memiliki kapasitas penyimpanan yang sama, yakni 500GB dengan RAM 8GB. Meski begitu ada satu hal yang membuat Xbox One lebih unggul dibanding rivalnya. Dengan Xbox One, Anda dapat menikmati kapasitas penyimpanan ekstra dengan menambahkan USB Drive 3.0.

Berbicara mengenai spesifikasi umum, PS4 dan Xbox One sama-sama mengandalkan CPU AMD Octa-core sebagai kendaraannya. Meskipun memiliki dapur pacu yang sama, CPU Xbox One relatif lebih unggul sebab memiliki kecepatan mencapai 1,75GHZ, sedangkan PS4 hanya sanggup tampil dengan kapasitas 1,6GHz.

Bagaimana dengan performa grafisnya? Well, kali ini PS4 boleh bangga sebab GPU-nya memiliki kemampuan dalam mengolah gambar yang jernih dan akurat jauh lebih cepat dibanding Xbox One.

Game Eksklusif

 

Game Eksklusif
Game Eksklusif

Adanya game eksklusif merupakan salah satu faktor pertimbangan utama yang membuat banyak orang kebingungan untuk memilih PS4 atau Xbox One. Pada beberapa kasus, banyak gamers lebih tertarik dengan spesifikasi PS4, tapi merekapun memiliki game favorit yang hanya dapat ditemukan di Xbox One. Namun, tidak dapat dimungkiri, dari dulu hingga sekarang, PS4 tampaknya lebih unggul dalam menyajikan game eksklusif dalam perangkat konsolnya.

Beberapa game eksklusif ternama yang dapat Anda temukan di PS4 di antaranya:

  • God of War
  • Gravity Rush (2016)
  • Street Fighter V (2016)
  • The Last Guardian (2016)
  • Ratchet & Clank (2016)
  • Resident Evil VII: Biohazard (2016)
  • Horizon: Zero Dawn (2016)
  • Until Dawn
  • Bloodborne
  • NieR: Automata

Xbox One pun memiliki deretan game eksklusif ternama seperti:

  • Halo Wars 2 (2016)
  • Sea of Thieves (2016)
  • Crackdown 3 (2017)
  • Gears of War 4 (2016)
  • Killer Instinct 3 (2016)
  • Tacoma (2017)
  • Fable Legends (2016)
  • Quantum Break (2016)
  • Sunset Overdrive

Resolusi Layar

Resolusi Layar
Resolusi Layar

Tentunya akan ada perbedaan dalam segi grafis yang signifikan antara PS4 dan Xbox One. PS4 dapat dikatakan lebih unggul dalam mengolah warna yang lebih tajam dan akurat. Keakuratannya akan membuat setiap pemain dapat menyaksikan detil dalam gambar dan video yang membuatnya tampak nyata.

Backward Compatibility

Resolusi Layar
Resolusi Layar

Fitur yang satu ini bisa jadi nilai lebih yang dimiliki Xbox One dibanding PS4. Backward Compatibility merupakan fitur yang dapat memudahkan pemain konsol untuk memainkan game dari konsol yang dirilis sebelumnya.

Nah, pada Xbox One, fitur backward compatibility baru dikenalkan pada tahun 2015 dalam ajang E3. Dengan adanya backward compatibility, pemain tidak perlu lagi membayar untuk dapat memainkan permainan dari konsol terdahulu. Cukup dengan memasukkan DVD Xbox 360, Anda sudah dapat menikmati ribuan permainan yang ada di dalamnya. Bahkan, gara-gara ada fitur ini, banyak pemain PS4 yang rela pindah ke Xbox One. Tertarik?

Software dan Fitur Tambahan

Software dan Fitur Tambahan
Software dan Fitur Tambahan

 

Jika dilihat dari segi kelengkapan fasilitas hiburan, Xbox One tampaknya lebih unggul dari PS4. Konsol keluaran Microsoft ini memang dirancang sebagai all-in-one entertainment yang akan memanjakan setiap pemainnya untuk dapat melakukan berbagai aktivitas salah satunya streaming YouTube.

Pada PS4, Anda dapat menyapa para pemain yang tengah Live, atau mengikuti aktivitas para game vlogger dengan berlangganan pada channel mereka. Baik PS4 maupun Xbox One menyediakan kamera yang akan memudahkan Anda untuk merekam segala aktivitas gaming Anda, atau mungkin menjadikan Anda game vlogger terkenal selanjutnya.

Jika Xbox One unggul dengan backward compatibilitynya, PS4 pun memiliki fitur tambahan lain yang tidak kalah mumpuni. PS4 dilengkapi dengan fitur PlayStation Now yang akan memberikan akses pada setiap pemain untuk mengunduh game pada PS3 maupun PS2. Namun, Anda diharuskan membayar agar dapat menikmati fitur unggulan PS4 yang satu itu.

Harga

Harga
Harga

 

Nah, akhirnya kita sampai pada bagian yang paling menentukan. Selain membandingkan spesifikasi dan fitur, harga tentunya patut menjadi faktor pertimbangan utama di atas segalanya, bukan? Lantas, mana yang lebih mahal, Xbox One atau PS4?

Hingga saat ini, PS4 masih menduduki peringkat pertama dalam segi penjualan. Harga PS4 masih mencapai Rp5.000.000-Rp6.000.000 sedangkan harga termahal Xbox One hingga saat ini dapat mencapai Rp8.000.000.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli PS4 atau Xbox One. Semoga bermanfaat!

Author

Write A Comment